Jelajah
IMG-LOGO

PUCUNGREJO TANGGUH BENCANA

Create By 12 September 2019 16 Views

       Pucungrejo,Kamis 12 September 2019 Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman, siswa MAN Kota Magelang berkunjung di Desa Pucungrejo terkait penanganan bencana gunung merapi.Selain itu tujuan utama dari penelitian tersebut adalah MAN Kota Magelang sebanyak 3 (tiga) orang sebagai salah satu peserta lomba LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) Semarak Geografi UNY, untuk itu mereka berusaha mencari informasi dan mengkaji Desa Pucungrejo  sebagai salah satu Desa Paseso di Kabupaten Magelang .

       Paseso atau di sebut dengan sister village yang merupakan inovasi dari Kab. Magelang terkait penanganan pengungsi letusan Gunung Merapi. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan membentuk persaudaraan antar-desa untuk pengurangan risiko bencana.Pucungrejo adalah salah satu dari beberapa Desa Paseso yang dipilih oleh tim siswa dari MAN Kota Magelang karena selama ini banyak Desa Paseso yang sudah ikut andil dalam setiap moment oleh karena itu mereka memilih Desa Pucungrejo karena belum begitu ter ekspos padahal Desa Pucungrejo sendiri ada dalam suatu ikon  artikel Smart Village yang menjadi unggulan di Kabupaten Magelang.

       Didampingi oleh Ibu Tyas selaku Guru pengampu mata pelajaran KIR,siswa siswi MAN pun melakukan sesi wawancara dan tanya jawab kepada Bp Muh Yuliyanto selaku Tim Sister Village Desa Pucungrejo dan sekaligus mewakili OPRB (Organisasi Pengurangan Resiko Bencana) . Dengan adanya sister village ini maka saudara-saudara kita yang berada di kawasan rawan bencana sudah memiliki suatu kepastian untuk bagaimana dan kemana harus mengungsi. Ini merupakan langkah kita dalam penanganan pra bencana bagaimana kita mencoba untuk melindungi dan meminimalkan korban atau zero to korban.Tutur salah satu siswa yakni Muhammad Rhama Kuncoro “bahwasanya Desa Pucungrejo sudah sangat siap dan matang baik dalam strategi,tempat maupun logistik atau yang lainnya karena sangat terbantu dengan adanya OPRB jika sewaktu-waktu bencana datang”.

       Semoga MAN Kota Magelang mampu memenangkan lomba LKTI ,agar potensi yang ada di Desa Pucungrejo dapat terangkat dan menjadi Desa Paseso/Sister Village unggulan di Kabupaten Magelang .