Pucungrejo-Muntilan telah meraih Adipura dalam lomba tahun ini, perolehan tersebut menjadi kebanggaan warga masyarakat Kota Muntilan. Hasil perolehan tersebut berkat kerja keras Pemerintah Kabupaten Magelang dan partisipasi masarakat Kota Muntilan.

Penyertaan dalam lomba Adipura merupakan gagasan Camat Muntilan beberapa Periode sebelumnya. Gagasan tersebut diapresiasi dan di dukung masarakat Kota, meski ada pro dan kontra dalam hal ini.

Mempertahankan Perolehan Piala Adipura merupakan tugas yang berat, meskipun demikian warga masarakat Muntilan harus tetap berjuang mempertahankan prestasi yang telah diperolehnya.

Dengan semangat mempertahankan prestasi tersebut masarakat Desa Pucungrejo tergerak melakukan kerjabakti masal di beberapa titik lokasi diantaranya Pasar sementara dan jalan Pemuda Barat Muntilan.

Gerakan kerja bakti masal didukung sepenuhnya oleh pemerintah Desa Pucungrejo dan melibatkan pelajar, masarakat, OPRB/LPBD, lembaga pendidikan seperti SDN Pucungrejo 2 , Bentara Wacana beserta dinas terkait lainnya bahu membahu membersihkan sekitar lokasi pasar sementara RSPD Muntilan.

Kerja bakti diteruskan ke Bank Sampah Madani dan RTH (Ruang Terbuka Hijau ). Diharapkan dengan kegiatan seperti ini masyarakat terketuk hatinya untuk lebih peduli akan kebersihan lingkungan dan merubah pola hidup tidak sehat menjadi sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Diharapkan dalam mempertahankan Adipura masarakat Muntilan Agar lebih tertib dan disiplin dalam menjaga kebersihan Kota dengan tidak membuang sampah sembarangan, namun membuang sampah ditempat yang telah disediakan Pemerintah. (Enizty )