Air adalah sumber kehidupan. Air merupakan sumber pokok untuk kelangsungan mahluk hidup di muka bumi. Tanpa air tiada kehidupan. Sesuatu yang pokok ini harus diupayakan dan diperjuangkan agar ketersediaan air sumber kehidupan cukup tersedia.

Krisis air dapat memicu peperangan antar negara. Bahkan mereka berusaha mencari dan mempertahankan sumber air yang dimiliki agar tidak digunakan oleh negara lain untuk mencukupi kebutuhan akan sember kehidupan yang pokok bagi rakyatnya.

Tidak bisa di bayangkan seadainya cadangan air yang dimiliki habis karena penggunaannya yang sembarangan, boros dan tidak tepat sasaran penggunaannya. Masyarakat akan kebingungan bahkan akan saling berebut air, untuk mendapatkan air akan melakukan dengan cara apapun.

Untuk mengantisipasi kelangkaan cadangan air ada solusi sederhana yang bisa dilakukan, diantaranya jangan disemen halaman rumah anda, atau kita buat resapan-resapan air hujan dengan sistim biofori atau pun kita buat sumur sumur resapan.

Dari solusi yang sedehana tersebut, masyarakat Dusun Gatak Lamat berusaha mengaplikasian dengan mebuat beberapa sumur resapan air hujan. Tujuan pembuatan sumur resapan agar air hujan yang membasahi bumi tidak langsung mengalir menuju sungai dan bermuara ke laut melainkan air hujan diarahkan menuju ke sumur resapan sehingga air hujan tidak terbuang percuma, dan tersimpan kedalam tanah.

Dengan bergotong royong masyarakat dusun Gataklamat membuat sumur resapan, dicari lokasi yang tepat dan kedalaman tertentu, disepakati menggunakan bus beton untuk dinding sumur. Dengan harapan dapat menampung air hujan dengan jumlah tertentu.

Diharapkan dengan sumur resapan tersebut ketersediaan air tanah dapat tercukupi bila musim kemarau tiba.

Pembuatan resapan air hujan baik dengan cara pembuatan sumur resapan maupun biofori harus di kampanyekan dan di sosialisaikan terus menerus. (msw)