Buku merupakan jendela ilmu, semakin banyak membaca pengetahuan yang didapat semakin banyak dan wawasan menjadi luas. Kegemaran membaca harus ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Perlu peran serta orang tua untuk menanamkan kegemaran membaca.

Dalam hal ini perpustakaan mempunyai peranan penting untuk membudayakan kegemaran membaca di kalangan masyarakat. Pemerintah telah menyediakan dan membangun sarana prasarana perpustakaan di berbagai wilayah sehingga kebutuhan akan dunia ilmu pengetahuan masyarakat terpenuhi.

Pemerintah pun telah mengeluarkan peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan undang undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, pasal 30 diamanatkan bahwa promosi pelayanan perpustakaan perlu dilakukan untuk meningkatkan budaya kegemaran membaca masyarakat.

Dalam kehidupan sehari hari kita tidak bisa lepas dengan dunia ilmu. Ilmu merupakan cahaya dan petunjuk untuk menentukan arah tujuan. Dengan ilmu kehidupan dan taraf hidup masyarakat akan meningkat. Apakah itu sektor pertanian, perikanan, industri, pariwisata dan lain sebagainya.

Kegemaran membaca harus terus digalakkan, dengan media apapun dan terus menerus dipromosikan dan di sosialisasikan.

Ayo membaca (jimt)