Jelajah
IMG-LOGO

GULA KACANG MBAH KREMBENG YANG MEMPESONA

Create By 30 December 2016 6 Views

Gatak Lamat - Mbah Krembeng sudah tiada. Namun peninggalan beliau masih bisa dinikmati sampai hari ini.

Mungkin sedikit banyak pembaca pernah merasakan cemilan yang satu ini, dengan rasa manis gula jawa dan butiran kacang tanah yang menyatu menjadi rasa nikmat dilidah. Gula Kacang.

Gula kacang hasil olahan mbah Krembeng menjadi ikon makanan tradisionil dusun Gatak lamat sudah lama dikenal masyarakat. Saat ini pengelola sudah baralih ke putra tertuanya Suwardi. Mewarisi produksi olahan gula kacang menjadi tantangan bagi Suwardi di tengah arus globalisasi dan serangan makanan impor dari luar negeri yang tentunya lebih menarik minat masarakat. kemasan yang mempesona dibalut promosi yang demikian masif tentu menjadikan produk lokal menjadi matisuri.

Meski cara produksinya masih terbilang tradisional, namun pemasarannya sudah meluas.

Suwardi terus berusaha agar produksi gula kacangnya jangan sampai mandeg apalagi sampai gulung tikar. Dengan bermodalkan semangat terus saja berkarya dan berkarya jangan sampai gula kacang dusun Gatak Lamat sirna di telan Jaman.

Makanan gula kacang ini sudah menjadi ikon dusun Gatak Lamat disamping yangko tentunya. Kedua ikon tersebut memerlukan uluran tangan pemerintah agar dua jenis olahan khas dusun Gatak lamat tetap terpelihara keberadaanya. (msw)

IMG
IMG
IMG