Jelajah
IMG-LOGO

WAYANG KULIT DIRUANG TAMU

Create By 15 December 2016 11 Views

Sangat menarik jika sebuah rumah berhiaskan figura yang didalamnya berisi karakter-karakter wayang kulit yang berjajar rapi di dalam ruang tamu . melihat beberapa rumah milik tetangga saya yang ruang tamunya berhiaskan wayang kulit, membuat saya juga ingin mengoleksinya.

Dengan sekitit penasaran akan harga dan proses pembuatannya saya langsung bergegas menuju workshop pembuatan wayang kulit milik bapak Iswanto salah satu tetangga saya yang beralamat di RT 01 RW 03 Karang Watu , Pucung Rejo, Muntilan. Untung nya juga sore itu beliu sedang membuat pesanan wayang bersama kedua karyawan nya mas Giek dan mas  , mereka juga tetangga saya di dusun ini.

Di workshop pun saya mengobrol dan bertanya tentang harga satu satuan wayang model modelnya . gaya solo,  bentuk ramping sunggingan bloking . jogja, dominan warna emas. Cirebon , wayang gemuk dan lebih pendek, serta sunggingan sederhan. Dan ternyata harganya lumayanlah menurut saya tidak terlalu mahal dan cukup bervariasi. Karena dikelompokan sebagai berikut menurut karakter , ukuran dan tingkat kesulitannya.
Mini / putren : putri – putri proses pembuatan 7 harian dengan harga 300-450
Kecil  / bambangan : arjuna , kresna proses pembuatan 10harian dengan harga 550-600
Sedang / gagan : gatot koco, bolo dewo proses pembuatan 14 harian dengan harga 750-900
Besar / raton : kumbokarno, buto pateh proses pembuatan 20harian dengan harga 1jt-1200an.

Melihat harga yang bervariasi saya pun bertanya bagaimana proses dalam pembuatanya . bermula dari bahan pokok, bahan lain dan alat
Bahan pokok : kulit sapi/domba sebagai bahan utama. Tanduk kerbau sebagai gagang wayang/ bisa terbuat dari bahan bambu. Cat akrilik dan akrilik  gold voil untuk perwarnaan
Alat yang dipakai : pahat , pukul , tindih , malam ( sebagai pelicin ) , kuas cat, amplas , drawingpen, Pensil, asah. clear semprot, gunting

Proses pertama potong kulit sapi/domba sesuail ukuran pesanan semisal tokoh Arjuna (kecil/bambangan). gambar badan dan tangan secara terpisah karakter wayang Arjuna tersebut dengan drawingpen. Potong kulit sesuai ukuran wayang yang sudah digambar tadi tak lupa juga kedua tangan nya. Pahat sesuai pola dari bentuk tokoh ( termasuk bagian terumit ) . amplas halus bagian bagian yang tajam dari hasil potongan dan pahatan tadi. Kemuadian warnai dengan cat akrilik dan akrilik gold voil dengan hati hati karena butuh ketelitian dan konsetrasi dalam pewarnaannya ( ini bagian tersulit dadi proses pembuatan wayang. Seprot dengan clear agar cat tetap awet dalam proses penyimpanan. Sambung kedua tangan wayang dengan sekrup kecil yng terbuat dari tanduk. Setelah semua selesai tinggal proses pemberian gagang wayang dari tanduk kerbau yang dipanasi dengan api dari lilin sesuai lekukan yg dibutuhkan.

Ternyata mudah cara memesan wayang ditempat bpk. Iswanto ini , mampir saja ke workshop yang atau menghubungi kontak WA/HP : 0815 6895 131 . FB dengan profil Iswanto Yulius. Ada juga pengalaman menarik sewaktu beliau pertunjukan wayang, ada seorang bule yang datang menghampirinya dan membeli salah satu tokoh wayang yang dipakai seusai pertunjukan.

Keunggulan dari wayang buatan Bpk. Iswanto ini dalam kehalusan sunggingan ( pewarnaan ) dan kehalusan pahatannya yang jelas dan tegas. Bisa dilihat dari hasilnya yang elegan dan menarik. Menggugah minat individu untuk memajangnya di rumah.

Setelah cukup lama mengobrol dan bertanya-tanya wajar saja bila dibandrol dengan harga kisaran 300-1,2 jtan. dilihat  dari proses pembuatan dan pewarnaan yang rumit. Namum akan terbayar dengan kepuasan jika sudah memilikinya. ( VSW )