Jelajah
IMG-LOGO

PEMERINTAH DESA PUCUNGREJO GENCARKAN VAKSINASI MASSAL, HINGGA TAHAP KETIGA TEMBUS 1.625 SASARAN

Create By 01 October 2021 67 Views

Pelaksanaan vaksinasi massal mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan vaksin Covid-19. Penempatan vaksinasi massal pada balai desa-balai desa membuat sasaran penerima vaksin Covid-19 mudah menjangkau untuk mendapatkan layanan. Terlebih saat ini telah banyak muncul varian baru Covid-19 yang diketahui memiliki sifat lebih mudah dan cepat menular. Langkah percepatan program vaksinasi ini pun kini turut didorong berbagai pihak, termasuk sektor swasta hingga organisasi masyarakat dan kepemudaan. Seperti yang telah digelar oleh Pemerintah Desa Pucungrejo di Balai Desa Pucungrejo.


Program yang terbuka untuk masyarakat umum ini telah dilakukan dalam 3 tahap, Tahap I dilaksanakan pada 13 September 2021 bekerja sama dengan Puskesmas Muntilan II dengan sasaran yang berhasil divaksin sejumlah 197 orang, Tahap II yang dilaksanakan pada tanggal 17 September 2021 bekerja sama dengan Polres Magelang dibantu oleh Puskesmas dengan sasaran yang berhasil divaksin sejumlah 1.048 orang, dan Tahap III yang dilaksanakan pada tanggal 30 September 2021 kembali bekerja sama dengan Puskesmas Mumtilan II dengan sasaran yang berhasil divaksin sejumlah 380 orang. Dengan demikian, total masyarakat yang berhasil divaksin dalam ketiga kegiatan vaksinasi massal tersebut adalah 1.625 orang. Para peserta vaksinasi pun terdiri dari beberapa kelompok usia, mulai dari remaja, lansia, pendamping lansia, dan masyarakat umum.


Dalam pelaksanaannya, penyelenggara tetap mengutamakan protokol kesehatan masyarakat yang ketat, yang mana setiap peserta vaksin wajib mengenakan masker di area vaksinasi, menggunakan hand sanitizer dan selalu memperhatikan jarak antar peserta vaksin.


Mudah dan terjangkaunya pelayanan vaksinasi ini salah satunya dirasakan oleh Muslimin, salah satu peserta vaksinasi massal yang digelar Pemerintah Desa Pucungrejo. Ia mengaku sudah lama mendapat kabar tentang adanya pelaksanaan vaksinasi namun terkendala jarak vaksinasi yang jauh. Dengan adanya pelaksanaan vaksinasi massal di Balai Desa, ia bisa turut serta mendaftar untuk diberi vaksin.


"Alhamdulillah senang, antriannya tidak numpuk jadi tidak perlu khawatir terjadinya penularan virus corona dari klaster vaksinasi. Prosesnya juga cepat," ujar pria baruh baya yang berprofesi sebagai pedagang sate keliling tersebut.


Kepala Desa Pucungrejo, Mukh Ma'ruf, ST, mengatakan bahwa program vaksinasi massal ini merupakan langkah ikut serta Pemerintah Desa Pucungrejo untuk mensukseskan program pemerintah dalam upaya percepatan perluasan sasaran vaksinasi masyarakat. Penyelenggaraan vaksinasi ini juga merupakan bagian dari upaya dukungan pemulihan ekonomi dan memulihkan kepercayaan diri masyarakat Desa Pucungrejo agar sektor ekonomi bergairah kembali. Namun, ia juga mengingatkan bahwa vaksin bukan berarti menghilangkan potensi Covid-19. Masyarakat harus senantiasa menjaga protokol kesehatan, mencuci tangan, menggunakan masker, menghindari kerumunan, dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


"Vaksin yang kita laksanakan ini adalah komitmen Pemerintah Desa untuk mengambil bagian dalam program vaksin pemerintah. Pemerintah Desa Pucungrejo akan terus berjuang agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir dan program vaksin dari pemerintah dapat dirasakan dan dijangkau oleh seluruh masyarakat," ujar Mukh Ma'ruf yang juga merupakan Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Magelang ini.


Dengan dilaksanakannya vaksinasi massal ini, jumlah warga Desa Pucungrejo yang telah divaksin baik melalui Polres Magelang, Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat, dan gerai vaksinasi massal lainnya diperkirakan telah mencapai ribuan orang.


Kegiatan vaksinasi massal ini rencananya akan terus dilakukan sehingga diharapkan masyarakat masih memiliki waktu dan kesempatan dalam mendapatkan vaksinasi gratis demi mencapai kekebalan komunal (herd immunity).